Sabtu, 23 Juni 2012

terbaru @ pengetahuan lingkungan



1.       Apa manfaat mempelajari pengetahuan lingkungan ?
Jawab : manfaat mempelajari pengetahuan lingkungan yaituuntuk mengetahui tentang seluk beluk yang ada di lingkungan alam sekitar. Dari lingkungan  kita juga dapat memperoleh ilmu-ilmu yang lain seperti kimia,fisika lebih-lebih ilmu biologi yang banyak membahas masalah makhluk hidup di alam. Selain itu juga untuk mengetahui seberapa banyak kandungan yang ada di alam(kekayaan alam), baik yang berupa SDA(sumber daya alam) maupun SDM (sumber daya manusia) serta agar kita bisa mengetahui bagaimana cara melestarikan lingkungan dengan baik.
2.       Apa pentingnya sumber daya alam keanekaragaman hayati ?
Jawab : Keanekaragaman hayati sangatlah penting untuk terus dijaga dan dilestarikan, karena hal tersebut merupakan suatu sistem yang tidak boleh terpisahkan satu dengan lainnya. Apabila hal tersebut tersebut diabaikan, maka akan terjadi ketidakseimbangan dalam ekosistem yang ada. Seperti halnya penebangan hutan yang tidak sesuai dengan kelesatarian lingkungan akan berakibat timbulnya banjir saat musim hujan. Selain itu juga dapat menimbulkan longsor, kelangkaan beberapa spesies, erosi tanah, dll.
3.       Sebutkan dan jelaskan 3 faktor penyebab perubahan lingkungan yang tidak menguntungkan
Jawab : adapun faktor-faktor penyebab perubahan lingkungan yang tidak menguntungkan yaitu:
a.      Penipisan lapisan ozon yang disebabkan oleh peningkatan UV yang sampai ke bumi yang nantinya akan mempengaruhi kesehatan manusia(menghambat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kanker dan katarak), menurunkan hasil pertanian dan kehutanan, mendegradasi bahan-bahan buatan manusia, dan merusak struktur dan fungsi ekosistem alami.
b.      Hujan asam yaitu air hujan yang bersifat asam akan memberi dampak negatif  terhadap perubahan lingkungan berupa penurunan populasi suatu organisme,perusakan/kematian tumbuhan dan korosi bahan bangunan dan logam.
c.       Pemanasan global yaitu dengan penggunaan bahan bakar fosil oleh manusia (untuk menjalankan kendaraan bermotor dan kegiatan industri) yang menghasilkan gas CO2 dalam jumlah yang sangat banyak yang menyebabkan terjadinya peningkatan suhu bumi yang akan mempengaruhi: pola iklim, tinggi permukaan laut, pencairan es di kutub, kesehatan manusia, pertanaian, kehidupan, serat penyebaran hewan dan tumbuhan, dan lain-lain.
4.       Jelaskan upaya untuk memenuhi kebutuhan SDA yang meningkat drastis tidak seimbang dengan populasi manusia ?
Jawab : Dilihat dari laju pertumbuhan populasi manusia yang semakin meningkat sehingga secar otomatis kebutuhan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan manusia terus meningkat pula.Dengan demikian perlu upaya nyata untuk terus menjaga dan melestarikan sumber daya alam yang ada di bumi. Hal yang dapat kita lakukan untuk melestarikan sumber daya alam yaitu : Penggunaan sumber daya alam harus sesuai dengan kebutuuhan tanpa dibuang percuma, Dapat menghemat sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, Dapat menggunakan dan memanfaatkan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak habis pakai dengan baik, Dapat mendaur ulang kembali sisa-sisa sampah yang masih bisa dipakai untuk dimanfaatkan kembali
5.       Bagaimana pendapat anda tentang bayi tabung dilihat dari segi agama dan iptek ?
Jawab : dilihat dari segi agama, bayi tabung/inseminasi buatan apabila dilakukan dengan sel sperma dan ovum suami istri sendiri dan tidak ditransfer embrionya kedalam rahim wanita lain termasuk istrinya sendiri yang lain(bagi suami yang berpoligami),maka islam membenarkannya, baik dengan cara mengambil sperma suami, kemudian disuntikan kedalam vagina atau uterus istri, maupun dengan cara pembuahan dilakukan diluar rahim, kemudian buahnya (vertilized ovum) ditanam didalam rahim istri, asal keadaan suami istri yang bersangkutan benar-benar memerlukan cara inseminasi buatan untuk memperoleh anak, karena dengan cara pembuahan alami, suami istri tidak berhasil memperoleh anak . Sedangkan kalau dilihat dari segi ipteknya yaitu dapat menambambah wawasan serta pengetahuan kita tentang bagaimana prosese terjadinya  inseminasi buatan terutama dalam pelayanan  dunia kedokteran yang dikenal dengan istilah fertilisasi(pembuahan),dimana teknologi reproduksi berupa penempatan sperma di dalam vagina wanita,serta teknik pengawetan sperma.
6.       keterkaitan vegetasi tumbuhan dengan pencemaran lingkungannya ?
jawab : semakin besar pencemaran lingkungan yang terjadi , maka tumbuhan yang asal hidupnya di tempat tersebut menjadi tidak hidup lagi atau terjadi gangguan dan hambatan untuk tumbuh dan berkembang karena habitatnya terganggu. Kemudaian tumbuhan ada yang termasuk tumbuhan tingkat tinggi dan rendah, ketrkaitannya ada beberapa vegetasi tumbuhan yang menjadikan pencemaran  sebagai factor pembatas, akan tetapi ada juga beberapa jenis tumbuhan yang menjadi bioindikator pencemaran. Misalnya dilaut ada beberapa jenis alga yang menjadi indicator pencemaran, sehingga kemunculan vegetasi alga ini dapat dijadikan suatu indicator perairan.
7.      Mengapa ekologi merupakan dasar pengetahuan lingkungan ?
Jawab :  sesuai dengan konsepnya, bahwa ekologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik, baik antara makhluk hidup dengan lingkungannya maupun makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya.
8.      Jelaskan keuntungan dan kerugian jika kita memelihara lingkungan ?
Jawab :
·         Ada beberapa keuntungan yang bias kita peroleh dari memelihara lingkungan, antara lain : Dapat mencegah datangnya berbagai macam penyakit, Lingkungan akan terlihat lebih indah untuk dipandang,tanpa ada rasa ketidaknyamanan, Mencegah untuk tidak terjadinya pencemaran/kerusakan lingkungan, mencegah terjadinya banjir dan lain-lain.
·         Sedangkan untuk kerugian dalam memelihara lingkungan sebenarnya itu tidak ada, karena  usaha yang selama ini kita upayakan adalah memelihara lingkungan agar terlihat lebih indah bukan halnya kita memikirkan kerugiannya.Dengan kita menjaga dan memelihara lingkungan di sekitar kita akan membantu kita dalam mencegah timbulnya hal-hal yang berbau negatif yanag dapat merusak lingkungan dan mendatangkan kerugian bagi kita.Semua itu dapat kita lakukan jika kita bisa mengendalikan diri kita untuk lebih berfikir terhadap adanya rasa keterpedulian serta kesadaran kita terhadap pentingnya memelihara lingkungan hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar